Diposting Pada: Senin, 07 Juni 2021
PENYERAHAN ZAKAT PROFESI PNS MAN 3 KOTA JAMBI TAHUN 2021


PENYERAHAN ZAKAT PROFESI PNS MAN 3 KOTA JAMBI TAHUN 2021Kota Jambi---Senin (03/05) Madrasah Aliyah Negeri MAN 3 Kota Jambi, Zakat Profesi menurut Syaikh Yusuf Qardhowi, seorang ulama dunia, yang bermukim di Qatar menyatakan zakat profesi merupakan salah satu jenis zakat yang dibebankan kepada orang-orang yang berpenghasilan. Dan menjadi sebuah kebiasaan baik yang diterapkan di MAN 3 Kota Jambi.
Zakat profesi di MAN 3 Kota Jambi diambil dari guru-guru PNS sekitar 23 orang, Kepala TU dan Kepala Madrasah. Pengambilannya dilakukan setiap bulan, dengan pemotongan dari gaji sebesar 2,5 persen.
Sistem yang dipakai untuk mengambil zakat profesi ini adalah dari pemotongan gaji langsung dibendaharawan atau langsung oleh bank serta ada yang langsung disetor kemudian dimasukkan ke rekening yang sudah ditunjuk. Sistem ini dari sebelumnya sudah dirapatkan dalam rapat majelis guru bahwa bapak/ibu guru PNS akan ada potongan dari penghasilan yang diterimanya, sementara itu buat bapak/ibu guru PNS juga ada edaran dari Kementerian Agama ada potongan 2,5 persen dari penghasilan mereka yang merupakan zakat profesi, dan pada akhir rapat dengan bapak/ibu guru, semua sepakat dan memakai sistem seperti itu.
Adapun penyaluran zakat profesi pada tahun ini diberikan kepada guru-guru PNS yang berzakat, yang nantinya bisa mereka salurkan untuk saudara-saudaranya yang lemah secara ekonomi dan memerlukan bantuan, setelah itu juga diberikan kepada para guru honor sebanyak 17 orang , serta ke tetangga yang berlokasi di sekitar MAN 3 Kota Jambi, lebih kurang 20 orang. Dan terakhir di setor ke Baznas.
“Harapan bapak untuk penyaluran zakat tahun ini adalah untuk membangun sebuah persaudaraan dan kekerabatan,” ungkap Bapak Kepala Madrasah dalam sesi wawancara dengan beliau. Tak lupa ia juga menambahkan dengan adanya zakat profesi ini, bisa menambah keakraban, kekeluargaan, dan jangan dipandang dari jumlah nya, tapi di pandang dari ke ikhlasannya. Di sisi lain betapa bagus nya persatuan dan kesatuan guru-guru MAN 3 Kota Jambi. Kedepannya mudah-mudahan ini ini bisa dilestarikan terus menerus dan bisa lebih besar lagi, serta lebih bermanfaat terutama bagi guru-guru bahkan ke depan bisa dikembangkan lagi besaran dan manfaatnya. Tim Website MAN 3 Kota Jambi

 


290x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. TES WAWANCARA PPDB MAN 3 KOTA JAMBI 2020 862x dibaca
  2. PELAKSANAAN AKREDITASI MAN 3 KOTA JAMBI DARING 325x dibaca
  3. Prestasi Baru di Tahun Ajaran Baru 115x dibaca
  4. HARI JADI PMR WIRA MAN 3 KOTA JAMBI MERIAH! 452x dibaca
  5. MASYA ALLAH! LUTFIYAH SABET JUARA 1 KSM KIMIA TERINTEGRASI TINGKAT PROVINSI JAMBI 272x dibaca

Halaman ini diakses pada 29-03-2024 21:55:31 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 127.0.0.1
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved